-->

POP UP MR-ROZ3R

5 Produk Teknologi Gagal Yang Malah Sangat Berguna - Mr-Roz3R

Mr-Roz3R - Pada dasarnya teknologi diciptakan adalah untuk memberikan kemudahan-kemudahan bagi manusia melakukan pekerjaannya. Semakin pesatnya perkembangan zaman juga sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologinya. Banyak dari para developer berlomba untuk menciptakan sebuah karya teknologi yang bermanfaat bagi banyak orang. Dari sekian banyak produk bidang teknologi tapi sebenarnya tidak semuanya tercipta sempurna sesuai dengan keinginan creatornya. 


Tapi, uniknya meskipun termasuk produk gagal, beberapa teknologi berikut ini justru berguna, meskipun fungsinya berbeda. Nah, inilah 5 produk teknologi gagal yang malah sangat berguna yang malah sangat berguna bagi kehidupan. 

5 Produk Teknologi Gagal Yang Malah Sangat Berguna

1. Plastik


Tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya plastik yang saat ini kita kenal adalah hasil dari produk gagal yang tercipta pada sekitar tahun 1900an. Awalnya, di masa itu ada sebuah benda bernama lak atau yang juga disebut dengan shellac. Shellac adalah sebuah benda yang dirasa cukup berguna bagi masyarakat pada saat itu. Namun, sayangnya karena beberapa alasan terutama masalah pencemaran lingkungan, seorang ahli fisika berusaha mencari akal untuk membuat penggantinya. 

Orang itu bernama Leo Hendrik Baekelend, dia lantas menemukan sebuah bahan yang menarik untuk digunakan. Bahan tersebut bisa dibentuk dengan memanfaatkan panas suhu tanpa sedikitpun terdistorsi dengan hawa panas. Tapi sayang, hasilnya tidak menjadi sesuai apa yang diharapkan, yaitu untuk alternatif lac atau shellac. Tapi, produk gagal itu justru memberikan fungsi yang berbeda yang hingga kini kita kenal dengan sebutan plastik.

2. Rontgen


Seperti yang kita tahu, teknologi rontgen adalah salah satu teknologi yang begitu besar manfaatnya di bidang kesehatan. Uniknya, ternyata teknologi bermanfaat ini ditemukan akibat satu kesalahan yang tak disengaja loh! Ya, sang penemu, Wilhelm Roentgen, kala itu di tahun 1895 sedang menggelar sebuah penelitian atau uji coba sinar katoda. 

Ketika percobaan berlangsung, ilmuwan tersebut sadar bahwa sinar katoda yang ada diantara kardus-kardus sinarnya mampu menembus kardus berlapir tebang. Nah, dari situlah fokusnya beralih, Wilhelm Roentgen justeru tertarik mempelajari tentang fenomena yang terjadi secara tak disengaja tersebut. Hasilnya diketahui bahwa sinar katoda bahkan tak hanya bisa menembus kardus, lebih dari itu sinar katoda bisa menembus kulit dan daging manusia. Mulai saat itulah teknologi ini dikenalkan. Nama Rontgen sendiri mengambil nama dari sang penemunya Wilhelm Roentgen.

3. Microwave


Asal kamu tahu ya, ternyata microwave yang kita kenal sebagai alat masak-memasak itu ternyata gak ada hubungannya dengan koki atau yang sejenisnya loh! Percaya gak percaya, microwave ternyata diciptakan oleh seorang Angkatan Laut, itupun tanpa disengaja. Kala itu si perwira AL berama Percy Spencer ini sedang memainkan radar pemancar gelombang mikro. Tak sadar, sepotong coklat yang diletakkan di dekatnya meleleh. Lelehannya seperti dipanaskan, nah dari situlah ia sadar bahwa kondisi yang dialami akan bisa membuka satu rahasia teknologi baru. Benar saja, akhirnya dari tidak kesengajaan tersebut muncu
lah microwave seperti yang kita kenal sampai sekarang.

4. Stainless Steel


Stainless steel umumnya dikenal sebagai bahan untuk membuat alat-alat dapur atau alat-alat rumah tangga. Hal ini sangat tidak sebanding dengan niat awal diciptakannya. Hary Brearly, seorang ahli metal dan persenjataan di Inggris, awalnya ingin membuat produk senjata-senjata yang anti karat. Tapi proyek yang ia lakukan tak berjalan sempurna, hingga akhirnya bahan yang diciptakan tak menjadi senjata perang malah menjadi senjata di meja makan.

Nah, itulah tadi beberapa produk teknologi gagal yang malah sangat berguna. Ada yang unik, keren, bahkan konyol sekali bukan! Semoga bisa menambah wawasan sobat pembaca.



Cukup Sekian Artikel Tentang 5 Produk Teknologi Gagal Yang Malah Sangat Berguna dari saya.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk semua orang :) Terima Kasih
#Mr-Roz3R.net

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Show comments
Hide comments

0 Response to "5 Produk Teknologi Gagal Yang Malah Sangat Berguna - Mr-Roz3R"

Post a Comment

Centang kotak "NOTIFT ME" agar mendapatkan notifikasi melalui email ketika ada yang membalas komentar kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Δ