-->

POP UP MR-ROZ3R

Pengertian dan Penjelasan Heatsink Serta Cara Kerjanya - Mr-Roz3R

Pada setiap komponen - komponen yang ada di komputer mempunyai sebuah ketentuan-ketentuan, operasional supaya bisa di gunakan secara aman dan stabil. Salah satunya ketentuan tersebut yang berada di dunia komputer ialah,Temperatur. Temperatur adalah komponen-komponen komputer yang pada saat kita mengoperasikannya akan menentukan pencapaian kinerja pada komponen tersebut.

Pada suatu perangkat komputer, terdapat dua buah jenis komponen - komponen yang sangat vital ketika akan menjalankan pekerjaan yang begitu berat, yakni CPU yang didedikasikan buat perhitungan pada operasi-operasi program dan juga pada VGA card yang didedikasikan untuk pengolahan grafis.

Pada saat komputer melakukan operasi berat dengan kedua jenis komponen tersebut, maka akan ada terjadinya peningkatan suhu pada komputer anda. Dan untuk memastikan kalau kedua jenis komponen tersebut dapat bekerja secara optimal, maka sangat diperlukan sebuah sistem tambahan perangkat yang bisa mendinginkan kedua jenis komponen tersebut, contohnya heatsink, perangkat ini adalah perangkat pendingin yang fungsinya untuk menurunkan suhu pada komputer anda.


Berikut penjelasan tentang pengertian heatsink.

(*). Pengertian heatsink

Heatsink adalah sebuah komponen pada sebuah komputer maupun laptop yang berfungsi untuk menurunkan suhu komputer anda, perangkat ini termasuk alat pendingin pasif yaitu yang menyerap panas yang ada di hasilkan oleh perangkat electronika dan di pindah kan menjadi fluida di sekitar perangkat tersebut, biasanya berbentuk seperti embun atau puna air.

Pada komponen-komponen seperti VGA dan CPU juga di lengkapi oleh heatsink. CPU, yang bisa dibilang Central Processor unit ini adalah otak nya komputer. Namun komputer server atau komputer yang memiliki spesifikasi tinggi pasti dan tidak jarang menambahkan heatsink pada RAM dan Bridge.

(*). Fungsi heatsink

Seperti yang saya sudah jelaskan diatas fungsi utama heatsink adalah sebagai alat pendingin sebuah komponen atau perangkat dan menjada CPU dan VGA anda juga adalah hal yang utama yang perlu digunakannya fungsi heatsink.

Kedua komponen itu wajib dijaga temperaturnya gunanya agar memastikan program-program yang terinstal yang di dalam komputer maupun di luar komputer supaya bisa berjalan dengan optimal.

Selain fungsinya mendinginkan perangkat heatsink juga berperan dalam operasional dalam perangkat kita agar bisa di jalankan. Apabila kondisi CPU komputer atau laptop anda panas akibat telah jeleknya kondisi heatsinknnya, maka komputer anda tidak dapat meningkatkan performa program yang terinstal, dan bukan hanya itu saja kita bahkan tidak dapat memulai komputer atau laptop yang telah diberikan kode pengamanan oleh system BIOS nya untuk mendeteksi anomali pada komponen atau perangkat kita. Maka dari itu salah satu hal yang penting sebagai indikator adalah sistem temperatus CPU.

Andai temperatur CPU anda terlalu tinggi, maka komputer anda akan men-shutdown dengan sendirinya dan untuk memastikan agar tidak ada terjadinya kerusakan pada komponen komputer anda, jika anda pernah mengalami komputer anda tiba-tiba merestart dengan sendirinya anda patut mencurigai apakah kinerja heatsink nya menurun, dan jika terjadi terus menerus anda wajib mengganti heatsink nya.

Fungsi heatsink yang lainnya masih mengikuti dengan fungsi utama, ya mendinginkan sebuah komponen atau perangkat dan menurunkan suhu panas yang di hasilkan oleh perangkat elektronika. Dan jika anda sedang melakukan suatu pekerjaan di komputer anda namun temperatur nya sangat tinggi maka komputer anda akan merestart dengan sendirinya.

Mungkin itu saja yang saya tau tentang heatsink, sekian dari saya jika ada yang kurang mohon maaf, sekian dan terimakasih.


Cukup Sekian Artikel Tentang Pengertian dan Penjelasan Heatsink Serta Cara Kerjanya dari saya.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk semua orang :) Terima Kasih
#Mr-Roz3R.net

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian dan Penjelasan Heatsink Serta Cara Kerjanya - Mr-Roz3R"

Post a Comment

Centang kotak "NOTIFT ME" agar mendapatkan notifikasi melalui email ketika ada yang membalas komentar kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Δ