-->

POP UP MR-ROZ3R

Pengertian CD ROM dan Kegunaan CD ROM Beserta Sejarahnya - Mr-Roz3R

CD-ROM adalah sebuah perangkat lunak yang berada di komputer anda dan berbentuk seperti balok dan mempunyai kegunaan untuk membaca data yang ada di dalam CD. Secara garis besar CD-Rom memiliki 2 jenis menurut type  nya yakni, ATA, IDE dan SCSI.

CD-Rom juga memiliki fungsi atau kegunaan yaitu berfungsi sebagai berikut.

(*). Kegunaan CD-Rom

CD-Rom memiliki kegunaan yaitu sebagai pembaca data yang ada di dalam CD dan melakukan burning data ke CD yang artinya dengan adanya CD-Rom kita dapat menyimpan data-data penting kita ke dalam piringan CD ini lah yang di namakan burning atau bisa juga menampilkan data yang ada dalam CD.

Jika komputer kalian masih yang model lama pasti tidak akan asing lagi dengan CD ROM ini karena sering di gunakan pada komputer yang udah lama atau bisa kita bilang komputer yang kuno, komputer ini sudah lama tidak di pakai oleh semakin berkembang nya jaman.

(*).CD R juga memiliki perbedaan dengan CD-RW

CD ROM juga memiliki 2 jenis yakni CD-R dan CD-RW diantara perangkat ini memiliki kegunaan yang berbeda jadi kita harus mengetahui keguanaannya apa saja dari kedua perangkat tersebut, Di CD-R perangkat ini hanya memiliki fungsi untuk membaca data yang ada di dalam CD saja, sedangkan CD-RW memiliki kemampuan yakni membaca kepingan CD dan juga mampu menulis kepingan CD,sangat perlu kita ketahui bahwa CD-RW menggunakan sinar laser yang berwarna merah untuk menulis/me-write informasi dari komputer ke disc, atau pun CD-R disc,yang tidak dapat di hapus dan CD-RW disc yang dapat dihapus dan tertulis 1000 kali. CD RW Drive yang digunakan untuk membuat CD audio dan di bisa dibuat oleh hampir di semua player, yang berguna untuk mentransfer data tersebut.

(*). Pengertian DVD ROM

DVD Rom adalah sebuah perangkat keras kommputer yang cara kerja nya hampir sama dengan CD-ROM akan tetapi DVD ini memiliki kemampuan yang lebih baik di bandingkan dengan CD. DVD atau kepanjangannya �Digital Versatile Discs� dengan DVD ROM ini anda dapat menyimpan data di piringan DVD yang kapasitasnya lebih besar, biasanya DVD discs memiliki kapasitas penyimpanan hingga 4 GB.

CD-ROM memiliki sejarah yang perlu kalian juga ketahui, berikut sejarah tentang CD-ROM:

(*). Sejarah CD-ROM

Saya akan menjelaskan tentang sejarah CD-ROM secara singkatnya saja, CD-ROM di temukan dan diciptakan pada tahun 1937 oleh James T. Russell. Dia adalah orang yang pertama menciptakan CD, James T. Russell  sejak umur 6 tahun dia sudah bisa menciptakan remote control kapal perang nya dengan menggunakan kotak makan siangnya.

James juga termasuk orang yang pertama kali yang menikmati televisi dan memakai keyboard sebagai masukan data ke komputer, pada saat itu James adalah suatu orang yang menyukai musik, dia sangat menyukai hasil musik yang di hasilkan oleh piringan hitam atau yang sering disebut (gramafon).

Dan saking penasaraan James bereksperimen menggunakan duri kaktus sebagai pembaca piring hitam. Namun hasilnya sia-sia dan akhirnya James memiliki cara menyimpan data dalam piringan sensitif cahaya,  dan data ini di model kan dengan (bit).


Nah, sekian dulu itulah sejarah dan penjelasan tentang CD-ROM sebatas sepengetahuan saya, sekian dulu dari saya semoga yang membaca dapat pengetahuan lebih banyak dan jika ad yang kurang saya mohon maaf, terimakasih.


Cukup Sekian Artikel Tentang Pengertian CD ROM dan Kegunaan CD ROM Beserta Sejarahnya dari saya.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk semua orang :) Terima Kasih
#Mr-Roz3R.net

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian CD ROM dan Kegunaan CD ROM Beserta Sejarahnya - Mr-Roz3R"

Post a Comment

Centang kotak "NOTIFT ME" agar mendapatkan notifikasi melalui email ketika ada yang membalas komentar kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Δ